Blog anda terkena Google penalti manual ataukah penalti otomatis?

Entah postingan ini berisi berita bagus atau tidak, lagi-lagi itu terserah bagaimana anda menyikapinya. Namun yakinlah bahwa dalam posting singkat ini saya akan memberikan informasi bermanfaat yang sulit untuk anda tolak. Mengapa?. Jawabannya adalah karena postingan ini penting sekali. (jadi tertarik untuk membaca sampai selesai kan?, hehehe). Nah, artikel ini masih berkenaan degan posting saya sebelumnya, yaitu membahas seputar penalti yang diberikan Google kepada blog-blog "over-optimized" yang diakibatkan oleh algoritma baru seperti Google Panda ataupun Google Penguin the Web Spam Killer.

Meskipun pada dasarnya setiap webmaster tak ingin mendapat penalti yang dilakukan oleh SE (Search Engine) baik penalti manual seperti pada Google Panda atau pun penalti otomatis oleh Google Penguin, namun penerapan teknik SEO yang kurang baik, yang mana terakumulasi karena dilakukan secara terus menerus akhirnya membuat sebuah penalti dari Google dijatuhkan juga. "Lalu bagaimana saya tau jika saya terkena Google penalti manual atau otomatis?". Nah, saya akan menjelaskannya lebih lanjut mengenai hal ini.

Ada kabar baik yang sekaligus kabar buruk bagi anda para pemilik blog. Kabar baiknya adalah anda sekarang bisa tau jika blog anda terkena Google penalti manual ataukah penalti otomatis dari Google. Matt Cutts selaku Kepala Tim Google Web Spammer memberikan info seputar Google Web Master Tools yang mana setiap blogger atau pemilik blog pasti sudah sangat familiar dengan blog tooling interface milik Google ini. Dalam sebuah konsorsium SMX Advanced You&A, Matt Cutts selaku jubir tak resmi Google mengatakan bahwa indikasi antara keduanya sangatlah jelas. 

Jika anda mendapatkan pesan/pemberitahuan di dalam Google Webmaster Tools yang berupa notifikasi atau alert, itu artinya anda mendapat manual penalti dari anggota tim Google setelah melakukan review secara langsung/onsite.

Dengan hanya mendapatkan pesan tersebut, bukan berarti blog tersebut terkena penalti karena perubahan algoritma yang dilakukan oleh Google, akan tetapi pesan itu hanya berupa penyampaian bahwa telah dilakukan penalti manual yang dilakukan oleh Tim Google setelah melakukan inspeksi dan mengklasifikasikan bahwa blog tersebut tidak sesuai dengan guideline Google webmaster. Notifikasi ini sudah mulai diberlakukan oleh Google mulai saat ini dan 99% webmaster yang terkena penalti manual akan mendapatkan pesan tersebut.
Sedikit saran dari saya yaitu selalu ingat untuk melakukan enable email forwarding pada Webmaster Tools, jadi anda bisa langsung menerima pesan ini lewat email ketika dikirim oleh Tim Google.

Dan jika anda merupakan salah satu webmaster yang mendapatkan pesan ini, maka Google menyarankan satu hal, yaitu mulai bekerja keras untuk "membersihkan blog" dan meminta peninjauan ulang. Demikian sedikit informasi mengenai seputar penalti Google. Semoga bermanfaat, bisa dipahami dan tak ada satupun dari anda yang mengalaminya.