Artikel motor matic injeksi masuk pesantren kilat Google Sandbox

Tertawa geli. Ya, itulah reaksi saya setelah beberapa saat terheran-heran karena tak kunjung juga melihat penampakan artikel motor matic injeksi murah - yamaha mio j milik saya pada hasil Google.co.id SERP. Hmm, jadi curiga ada apa gerangan dengan artikel ini ya. Setelah beberapa waktu mengamati dan melakukan cek serta crosscheck ke sana-sini ternyata memang benar kalau artikel motor matic injeksi murah - yamaha mio j masuk Google Sandbox. Saya telah membuktikannya dan yakin 100% jika artikel tersebut memang masuk "pasir hisap" ala Google.

Google Sandbox, meskipun nama tersebut tidak benar-benar ada dan Google pun tidak pernah mempublikasikan secara resmi mengenai keberadaan Google Sandbox sebelumnya, namun sebagian webmaster dan blogger mempercayai bahwa Google Sandbox itu ada. Pada kenyataannya Google Sandbox hanyalah sebuah istilah dimana sebuah artikel ataupun posting seperti terhisap ke dalam pasir dan menghilang (sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Sandbox_effect).

Masih belum habis pikir kenapa bisa seperti ini, padahal saya merasa jika optimasi yang saya lakukan terhadap artikel ini wajar-wajar saja. Tapi apakah artikel yang wajar bisa terkena Google Sandbox juga?. Atau jangan-jangan ini akibat karena beberapa hari yang lalu saya follow Matt Cutts di twitter?. (Wah, berarti salah follow orang dong nih, hehehe). Itu hanya pikiran terliar saya saja, pada kenyataannya memang pasti ada kesalahan dari tindakan optimasi yang saya lakukan dan kali ini saya berbicara jujur meskipun saya juga masih belum bisa mengetahui secara pasti dimana letak kesalahannya. Namun kesimpulan sepihak dari saya ialah adanya kemungkinan lonjakan kenaikan backlink yang cukup signifikan akibat optimasi SEO meskipun asalnya tak melulu dari komentar.

Yah, apapun teori mengenai bagaimana artikel tersebut bisa masuk sandbox menjadi hal yang tak berarti lagi bagi saya, karena kini waktunya untuk berusaha mengembalikan ke posisinya semula, jika bisa. Syukur-syukur bisa ada di top SERP (halagghhhngarep.com). 
Ya sudahlah, mungkin Google terlalu menyukai artikel saya sehingga ia menyimpan artikel itu untuk dirinya sendiri dan tak mau berbagi dengan orang lain, bahkan untuk saya sendiri selaku author resmi dan sah pemilik artikel motor matic injeksi yang masuk pesantren kilat Google Sandbox ini. Semoga saja cuma pesantren kilat.

Lalu apa yang akan saya lakukan terhadap artikel yang sedang mengalami "masa-masa sulit" ini?. Entahlah, masih belum terpikir ide atau teknik apa yang ingin saya gunakan untuk mengatasi Google Sandbox karena jujur saja Sandbox ini setingkat lebih parah dibanding Google Panda yang hanya memiliki efek dance saja. Terlebih lagi artikel yang memang ditujukan untuk kompetisi, memang artikel jenis inilah yang merupakan "menu sarapan" Google sehari-hari. 

Bahkan Kaspar Szymanski, seorang anggota tim webspam Google (baca: webspam, bukan tukang ojek) pernah merilis betapa bahayanya bagi sebuah blog jika mengikuti ajang-ajang kompetisi seperti ini. Namun apalah arti hidup seorang blogger tanpa adanya bahaya?. Tentu akan menjadi sangat datar dan statis. Bahaya merupakan bagian dari hidup dan bahaya adalah resiko dari sebuah tindakan yang berani, jadi apakah saya jera?. Wah, justru sebaliknya!. Daripada meratapi nasib artikel " Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah - Yamaha Mio J" yang saat ini sudah berada di lokasi "pemakaman" artikel-artikel kompetisi, lebih baik saya merayakan bagaimana hebatnya artikel ini sampai akhirnya bisa masuk kedalam SandBox dengan membakar sebatang rokok lagi dan menyeruput habis susu anget yang sudah hampir dingin di penghujung tulisan saya ini.

PS:
Untukmu Google, jika tak keberatan mohon kembalikan artikel motor matic injeksi irit harga murah - yamaha mio j milik saya ke tempatnya semula. Thank you. ☺

1 komentar:

  1. hadew, sandbox atau dance mas bro ? kemana saja kawan ku yang satu ini ? semoga tetap semangat.

    BalasHapus